Konsep Kebidanan (untuk pendidikan kebidanan)
Konsep Kebidanan (untuk pendidikan kebidanan)
SINOPSIS BUKU - Konsep Kebidanan (untuk pendidikan kebidanan) |
Maternal mortality is an indicator of how well the entire health care system is functioning—Angka kematian ibu merupakan salah satu indikator untuk menilai seberapa baik sistem pelayanan kesehatan berfungsi. Profesi kebidanan merupakan salah satu profesi kesehatan yang selalu bersinggungan dengan masyarakat khususnya kaum perempuan atau ibu. Hal tersebutlah yang menjadikan bidan sebagai profesi yang strategis. Dengan kestrategisannya, maka diperlukan bidan berkualitas yang memiliki fondasi dan komitmen kukuh, selalu menjunjung tinggi etika, moral, serta nilai-nilai yang berlaku. Demi mencapai hal tersebut, sangat penting bagi seorang bidan untuk mempelajari, memahami, dan mengaplikasikan etika, moral, serta nilai-nilai agar tidak menimbulkan konflik dalam menjalankan profesinya.
Buku Konsep Kebidanan untuk Pendidikan Kebidanan mampu menjawab kebutuhan tersebut. Buku ini disusun dengan menelaah hasil-hasil penelitian yang sudah ada serta berdasar pada kompetensi dasar karena setiap babnya telah disesuaikan dengan garis-garis besar pengajaran yang diharapkan dapat membentuk karakter diri yang sesuai dengan nilai-nilai luhur profesi bidan. Daftar Isi: Bab 1 Nilai-nilai dalam Profesi Bidan Bab 2 Bidan dalam Sistem Layanan Kesehatan Bab 3 Sejarah Perkembangan Pelayanan dan Pendidikan Kebidanan Bab 4 Hubungan Bidan, Perempuan, Lingkungan, dan Kesehatan Bab 5 Filosofi Asuhan Kebidanan Bab 6 Ruang Lingkup Asuhan Kebidanan Bab 7 Paradigma Asuhan Kebidanan Bab 8 Kebidanan sebagai Profesi Bab 9 Peran, Fungsi, dan Kompetensi Bidan Bab 10 Teori dan Model Konseptual Asuhan Kebidanan Bab 11 Konsep Kebidanan sebagai Dasar dalam Praktik Kebidanan Bab 12 Sistem Penghargaan bagi Bidan Bab 13 Prinsip Pengembangan Karier Bidan Bab 14 Proses Berubah Bab 15 Konsep Pemimpin dan Kepemimpinan Bab 16 Konsep Kebidanan Berperspektif Gender Bab 17 Bidan Delima TENTANG PENULIS
Rita Yulifah, dilahirkan di Malang pada tahun 1966. Penulis menyelesaikan pendidikan D-3 Keperawatan di Akademi Keperawatan Depkes RI Malang pada tahun 1986 dan memperoleh gelar Sarjana Keperawatan di Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 2000. Gelar Master Kesehatan dengan konsentrasi Kesehatan Ibu Anak (KIA) diperolehnya dari Universitas Airlangga, Surabaya pada tahun 2006. Dari tahun 200 hingga sekarang, penulis bekerja sebagai dosen D-3 Kebidanan dan D-4 Bidan Pendidik di Politeknik Kesehatan Malang juga sebagai dosen tidak tetap pada Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Brawijaya, Malang. Penulis aktif dalam berbagai kegiatan penelitian baik di lingkungan Departemen Kesehatan maupun Departemen Pendidikan Nasional.
Surachmindari, S.ST., M.Pd., lulus sekolah bidan pada 1976. Penulis kemudian melanjutkan pendidikannya pada program D-3 Kebidanan dan lulus tahun 1996. Program D-4 Maternitas penulis jalani dan selesaikan di tahun 2000. Terakhir, penulis berhasil mendapat gelar magister pendidikan melalui Program Teknologi Kependidikan pada tahun 2006. Penulis yang telah lama berkecimpung di dunia kebidanan ini mengawali kariernya sebagai staf kebidanan di RS Bhetesda, Yogyakarta. Namun, di tahun-tahun berikutnya penulis lebih banyak bergelut di dunia pendidikan. Mengajar menjadi profesi pilihan penulis. Tahun 1989-2002 sebagai guru SPK di kota Blitar, setelah itu di tahun 2002-2006 sebagai Ketua Program Studi D-3 Kebidanan Jember, tahun 2006-2010 sebagai Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Malang, dan sejak tahun 2010-sekarang penulis telah menjadi Pudir II Poltekkes Kemenkes Malang. Selain mengajar penulis juga aktif dalam melakukan penelitian dan penyusunan karya ilmiah di lingkungan Politeknik Kemenkes Malang. |
Post a Comment